Perbedaan Jurusan-Jurusan Yang Ada Fisikanya Dan Prospek Kerjanya

Perbedaan Jurusan-Jurusan Yang Ada Fisikanya Dan Prospek Kerjanya

Mendengar kata fisika yang terlintas pasti adalah pelajaran yang tidak banyak disukai bahkan dianggap momok di bangku sekolah menengah. Namun, tentu ada saja orang yang tertarik untuk mendalami ilmu fisika di Perguruan Tinggi. Tahukah kamu bahwa fisika mempunyai beberapa jurusan yang mirip namanya namun ternyata ada bedanya dan prospek kerjanya pun berbeda.

Jurusan Fisika

Jurusan ini biasanya disebut Fisika Murni karena berada di bawah naungan  Fakultas MIPA. Oleh karenanya pada perguruan tinggi tertentu sering juga disebut sebagai Fisika MIPA. Di jurusan ini mahasiswa akan diarahkan menjadi ilmuwan fisika buat nerusin jejak Einsten. Dengan mempelajari dasar teori fisika yang kuat, lulusannya diharapkan dapat mengembangkan keilmuan fisika seperti Fisika Nuklir, Fisika Instrumentasi, Fisika Medis, Fisika Material dan sebaainya. Selain jadi ilmuwan peluang kerja lulusan jurusan ini bisa juga ke dunia pendidikan atau perusahaan industri.

Jurusan Teknik Fisika

Jurusan ini berada di naungan fakultas Teknik. Mahasiswanya akan mempelajari gejala-gejala fisika melalui penerapan dalam berbagai bidang ilmu dasar, ilmu terapan, dan pemanfaatan teknologi. Prospek keranya juga luas bisa jadi peneliti, konsultan juga bisa didunia pendidikan perguruan tinggi.

Jurusan Pendidikan Fisika

Beranaung di Fakultas Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, lulusan dari jurusan ini disiapkan untuk menjadi guru ditingat sekolah atau dosen diperguruan tinggi jika melanjutan pendidikan strata-2.  Memiliki basic sebagai pendidik  dan ilmu fiiska juga bisa membuka prospek lulusan ini menjadi peneliti dibidang pendidikan juga sebagai edupreneur.

Jurusan Teknik Geofisika

Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut. Lulusan Geofisika memiliki prospek kerja yang luas diantaranya adalah menjadi peneliti di LIPI pada bidang Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika Terapan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), industri minyak bumi dan gas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.