Inovasi Dalam Pembelajaran IPA: E-Book Berbasis Multi Representasi

Dalam pembelajaran di sekolah, media yang digunakan sebagai sumber belajar biasanya berupa buku cetak dan LKS. Penggunaan buku cetak atau LKS tersebut dinilai tidak efektif karena tidak semua siswa memilikinya. Hal ini disebabkan karena tidak semua siswa memiliki kemampuan cukup untuk membeli buku atau LKS. Berbagai alasan muncul seperti malas membaca karena terlalu tebal, terlalu berat untuk dibawa, hingga tampilan buku yang kurang menarik. Sehingga pada kenyataannya, buku cetak tersebut kurang dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, penggunaan gadget seperti handphone, i-phone, laptop, dan smartphone sangat berguna untuk membantu siswa belajar. Salah satunya dalam pembacaan buku elektronik itu sendiri. Sehingga, siswa tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk membeli buku, karena siswa dengan mudah dapat mendownload secara gratis buku tersebut dan dapat belajar dimana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu waktu sekolah dan  juga tak perlu membawa tas ukuran besar untuk menyimpan buku tersebut.

Buku elektronik atau e-book untuk pembelajaran IPA pun sebenarnya sudah tersedia, namun e-book IPA yang ada tersebut hanya berupa teori dan memuat persamaan-persamaan tanpa dilengkapi dengan gambar atau grafik yang sangat dibutuhkan dalam pemahaman konsep IPA siswa. Ya multirepsentas inilahi yang diperlukan. Penggunaan multirespresntasi ini yang masih belum banyak dimiliki oleh e-book. Pengembangan e-book dengan multirepresentasi sangat diperlukan dalam pembelajaran IPA ini sebagai salah satu solusi untuk penggunaan media belajar. Dengan begitu, adanya e-book ini diharapkan dapat membantu proses belajar siswa. Siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa buku-buku cetak yang tebal dan berat.

Seiring dengan berkembangnya era digital saat ini, penggunaan smartphone semakin meningkat. Bahkan hampir setiap orang dari usia anak-anak hingga dewasa sudah menggunakan smartphone. E-book yang dikembangkan ini dapat dibaca dengan mudah menggunakan smartphone. Hal ini memungkinkan untuk melakukan proses pembelajaran dimanapun, tanpa harus menunggu waktu sekolah. Selain itu e-book yang dikembangkan ini dikemas lebih menarik dengan berbagai representasi yang dapat menarik minat siswa untuk membacanya.

Dengan adanya e-book ini, keuntungan yang akan didapatkan antara lain :

  1. Memberikan alternatif bagi guru dalam penyajian materi pembelajaran kepada siswa secara keseluruhan.
  2. Dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar alternatif yang mudah didapat, menarik dan mampu mengembangkan pemahaman konsep siswa.
  3. Siswa tidak lagi dibebankan untuk membeli buku cetak
  4. Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun menggunakan gadget.

MAA-HS

MAA : Ners Generalis lulusan Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Andalas, dan Universitas Padjadjaran | HS : Guru SMP Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Alumnus Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung dan Universitas Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *