Teknologi Hologram: Aplikasi Difraksi Cahaya dalam Film Super Hero

Cahaya merupakan salah satu gelombang elektromagnetik. Salah satu sifat cahaya yakni difraksi cahaya. Difraksi cahaya berarti kecenderungan gelombang yang dipancarkan dari sumber melewati celah yang terbatas untuk menyebar ketika merambat. Aplikasi difraksi cahaya di kehidupan sehari-hari yaitu adanya teknologi hologram. Pada tahun 1940-an, Dr. Dennis Gabor, seorang fisikawan Hongaria, menemukan teknik holografi.

Berkat penemuannya tersebut, ia dianugerahi penghargaan Nobel pada tahun 1971. Hasil temuaannya menjadikannya sebagai perintis, bapak, dan sekaligus pencipta holografi. Sayangnya, perkembangan bidang ini berjalan lambat hingga tahun 1960-an. Akhirnya, perkembangan holografi mulai bergerak lagi dengan adanya perkembangan dari teknologi laser. Saat ini, banyak sekali penemuan teknologi yang terinspirasi oleh film yang mengaplikasikan teknologi hologram.

Ya Film dengan teknologi Hologram ? Pernahkah Anda mendengarnya? Atau bahkan Anda pernah menyaksikannya namun tidak menyadari ahwa itulah yang dinamakan hologram. Apa Anda termasuk salah satu penggemar film avenger Atau film marvel lainnya seperti Iron Man dan sebagainya? Film-film super hero ini hampir selalu disertai teknologi canggih. yang paling mencolok dari berbagai film ini adalah teknologi hologram. Salah satu yang paling terkenal adalah Iron Man yang diperankan Tony Stark dengan teknologi serba canggihnya seperti komputer .

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Teknologi hologram 3Dimensi dimana tampilan digital diproyeksikan dalam bentuk hologram yang bisa disentuh. Banyak sekali penemuan teknologi yang terinspirasi oleh film. Kelebihan hologram ialah mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek menjadi 3 dimensi. Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Teknologi hologram ini mampu menjadikan gambar-gambar dan tampilan yang ada di layar seolah-olah keluar dari layar dan menjadi nyata Yng disebut dengan istilah 3 dimensi.

MAA-HS

MAA : Ners Generalis lulusan Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Andalas, dan Universitas Padjadjaran | HS : Guru SMP Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Alumnus Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung dan Universitas Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *