Tips Memilih Piano Buat Pemula

Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.

Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.

Pilih kisaran harga yang sesuai

Pilih kisaran harga yang sesuai

Harga piano digital bervariasi, tergantung dari keunggulan dan fungsinya. Terdapat piano digital yang mempunyai suara yang sangat menyerupai suara piano akustik. Terdapat juga piano digital yang mempunyai banyak fungsi, seperti fungsi recording, variasi berbagai suara alat musik, dan sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda.Apabila Anda adalah seorang musisi atau profesional dalam bidang piano, meskipun harganya agak mahal, piano digital yang memiliki touch dan suara persis dengan grand piano akustik adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Apabila Anda adalah seorang pianis pemula dan hanya ingin mencoba pengalaman baru, pilihlah piano digital dengan harga yang lebih terjangkau. Pilihlah kisaran harga yang sesuai dengan budget dan tujuan Anda.

Pilih suara yang diinginkan

Pilih suara yang diinginkan

Suara piano digital dibuat dengan cara merekam atau sampling suara piano akustik. Masing-masing produsen mempunyai suara piano yang khas dan berbeda satu sama lain. Pilihlah piano digital yang bisa mengeluarkan suara yang Anda inginkan.Anda bisa mencoba langsung piano digital di toko instrumen terdekat. Cobalah dengan menekan tuts bagian kiri (bass) dan bagian kanan (treble) masing-masing produk. Anda dapat merasakan perbedaan suara yang signifikan dari masing-masing produk. Pilihlah suara yang Anda inginkan.

Pilih touch yang mendekati piano akustik

Pilih touch yang mendekati piano akustik

Kebanyakan piano digital mempunyai tuts yang lebih ringan daripada piano akustik. Apabila Anda ingin bermain dan berlatih layaknya seperti pada piano akustik, pilihlah piano digital dengan ukuran dan berat tuts yang hampir menyerupai tuts piano akustik.

Pilih yang di atas 64 notes-polyphony

Pilih yang di atas 64 notes-polyphony

Untuk memainkan sebuah lagu, pianis banyak menekan not secara bersamaan. Di dalam piano digital, 64 notes-polyphony menunjukkan banyaknya not, speaker, dan pedal yang bisa menghasilkan suara secara serentak. Apabila Anda memakai piano digital yang di bawah 64 notes-polyphony, ada kemungkinan beberapa suara yang dikeluarkan hilang dan terdengar tidak natural.Sekarang ini, kebanyakan piano digital mempunyai kapasitas di atas 64 notes-polyphony. 64 notes-polyphony tidak akan bermasalah bagi seorang pianis pemula. Akan tetapi, apabila Anda adalah pianis dengan level yang cukup tinggi dan telah memakai pedal dalam permainan, sebaiknya Anda menggunakan piano digital yang mempunyai kapasitas lebih dari 64 notes-polyphony untuk memastikan tidak ada suara yang hilang.

Cek fungsi lainnya

Kelebihan dari piano digital adalah fungsi-fungsi lainnya yang tidak bisa didapatkan pada piano akustik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi recording atau playback

Fungsi recording atau playback

Hampir semua piano digital mempunyai fungsi recording atau playback. Dengan adanya fungsi recording, Anda bisa merekam permainan Anda. Setelah itu, Anda juga bisa mendengar rekaman tersebut langsung dengan tombol playback. Fungsi ini cocok untuk Anda yang giat berlatih dan ingin agar permainan Anda lebih baik lagi.

Fungsi tone color conversion

Fungsi tone color conversion

Dengan fungsi ini, Anda bisa mengubah warna tone jika diinginkan. Anda bisa mengubah suara concert grand piano ke jazz organ. Anda juga bisa beralih ke suara instrumen lain seperti gitar dan vibraphone. Meskipun Anda memainkan lagu yang sama, fungsi ini bisa Anda gunakan untuk bereksperimen dan menghasilkan mood yang berbeda.

Fungsi demo performance

Fungsi demo performance

Melalui fungsi demo performance, Anda bisa mendengar permainan yang telah direkam sebelumnya sewaktu proses produksi piano digital. Selain bisa menikmati lagu-lagu favorit kita, Anda juga tentunya lebih terdorong untuk berlatih lebih giat lagi untuk bisa bermain piano dengan baik.

Jumlah pedal

Jumlah pedal

Piano akustik biasanya memiliki 3 pedal, yaitu sustain (samperpedalsoftpedal, dan sustenutopedal. Namun demikian, jumlah pedal pada piano digital bervariasi. Terdapat piano digital dengan hanya 1 pedal. Terdapat juga piano digital dengan 2 atau 3 pedal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *