Website penyedia layanan cek Plagiat Gratis

#1. Plagiarism Checker dari SmallSEOtoolsUntuk aplikasi yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk kalian, Mastekno sendiri sangat sering menggunakan aplikasi Plagiarism dari SmallSEOtools ini karena sangat mudah digunakan. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para blogger untuk mengecek kualitas dari artikel yang mereka buat untuk website mereka. Ini karena para blogger juga harus menyajikan konten yang berkualitas serta terbebas dari segalam macam bentuk plagiasi.Selain itu kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek dan mendeteksi karya tulis kalian, apakah sudah bebas plagiat atau belum. Di situs ini kalian hanya bisa mengecek tulisan dengan kata paling banyak 1000, jadi jika tulisan kalian melebihi 1000, kalian harus mengeceknya secara terpisah. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan kalian bisa menggunakannya secara cuma-cuma alias gratis asalkan memiliki koneksi internet. Tinggal kalian copy dan pastekan tulisan kalian ke kotak yang tersedia dan kalian bisa melihat hasilnya.


  #2. DupliChecker
Aplikasi berikutnya berasal dari situs Duplichecker, situs ini menyediakan aplikasi untuk mendeteksi plagiat yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Kalian bisa mencopy dan pastekan tulisan kalian dalam kotak yang sudah disediakan, atau dengan meletakan URL nya. Setelah itu akan muncul hasil berupa link menuju konten yang di plagiat oleh tulisan tersebut jika memang tulisan tersebut terdeteksi plagiasinya.
Namun sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini sepenuhnya kalian diharuskan membayar terlebih dahulu. Jika kalian tidak ingin membayar, maka kalian bisa menggunakan versi gratisannya dan hanya bisa menggunakan aplikasi dari situs ini secara terbatas. Kalian bisa menggunakan layanan cek plagiasi gratis dari situs ini hanya satu kali perhari dan terbatas hanya 1500 kata saja yang bisa kalian cek plagiatnya.
  #3. Unicheck
Aplikasi yang satu ini banya sekali digunakan oleh para penulis, peneliti, peserta didik, pendidik dan bahkan editor. Yah, situs yang satu ini juga tidak kalah populer dengan situs yang pertama. Situs Unicheck bisa digunakan untuk cek plagiat dengan sangat mudah. Kalian bisa mengunjungi situs ini dan mempastekan tulisan kalian yang ingin di cek plagiasinya pada kota yang sudah disediakan di situs tersebut. Dan hebatnya lagi dengan menggunakan situs unicheck ini kalian memindai teks-teks dari format yang tidak sama secara bersamaan dalam waktu 4 detik/teks dengan kecepatan yang tetap.
Selain itu Unicheck juga bisa mengecek bagian terkecil dari hasil tiruan yang kalian berikan. Unicheck ini mampu memindai sampai dengan 16 miliar halaman serta dokumen yang ada di Google dan Bing. Laporan dari situs ini berupa link menuju halaman sumber tulisan yang akan diberikan kepada kalian setelah proses pemindaian selesai. Namun sayangnya untuk menggunakannya kalian harus membayar sebesar $5. Kalian juga bisa mencobanya gratis hanya dengan 275 kata saja.

 #4. Copyscape
Bagi kalian yang tidak memiliki dana dan ingin mencoba apliasi checker gratis, maka situs Copyscape ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian. Kalian bisa menggunakan situs Copyscape ini untuk mengecek seberapa jauh tulisan kalian terdeteksi plagiat secara gratis tanpa dipungut biaya. Namun selain gratisannya, kalian juga bisa coba versi berbayarnya jika kurang puas.
Di akun berbayar dari Copyscape, fitur dan fasilitas yang ditawarkan tentunya akan lebih baik dari pada versi gratisannya. Selain itu bagi para blogger, dengan menggunakan situs ini kalian bisa mendapatkan perlindungan supaya situs kalian dipantau dan tidak plagiasi. Ketika ada sebuah situs yang memiliki konten serupa dengan milik kalian, maka kalian akan diberi email peringatan.

#5. Writecheck
Aplikasi ini adalah aplikasi yang cukup menarik yang bisa mendeteksi adanya plagiarism dalam sebuah tulisam. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga bisa mendeteksi kesalahan dalam kosa kata dan ejaan pada tulisan yang kita cek. Sangat menarik kan? Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan aplikasi pada situs-situs sebelumnya.
Kaalian bisa mengupload dokumen yang ingin kalian cek plagiatnya dalam bentuk file Microsoft Word, PostScricpt, .PDF. WordPrefect, rtf dan html. Kalian akan mendapatkan laporan plagiasi disertai degan link menuju sumber plagiasi tersebut. Meskipun memiliki fitur yang menarik, sayangnya kalian tidak bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan diharuskan membayar.

#6. Viper anti-plagiarism scanner
Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang bisa melakukan pengecekan langsung dalam situs tersebut, cara cek plagiarism ini tidak dilkukan langsung dalam situs ini. Jadi untuk memanfaatkan situs pendeteksi plagiasi berupa viper anti-plagiarism scanner ini kalian bisa mengunduh aplikasinya dan menginstallnya di komputer kalian.
Setelah itu, terlebih dahulu kalian harus melakukan registrasi, setelah kalian melakukan registrasi kalian sudah bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendeteksi plagiasi dalam tulisan kalian. Dengan menggunakan aplikasi, ada sekitar 10 miliar sumber yang tersedia sebagai pembanding dengan tulisan yang kalian cek.

#7. PlagTracker
Berikutnya adalah PlagTracker, aplikasi ini bisa kalian gunakan secara online untuk mengecek seberapa jauh plagiasi yang ada pada tulisan kalian. Kalian akan mendapatkan laporan plagiat disertai dengan link sumber dari tulisan yang dianggap mirip atau sama dengan tulisan yang kalian cek sebelumnya.
Kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara cuma-cuma, namun hanya sebatas 5000 kata saja. Jika kalian menginginkan fitur lebih, kalian bisa menjadi anggota premium (berbayar). Dengan menjadi anggota premium kalian akan bisa menikmati laporan otomatis terhadap penggunaan bahasa dan dalam jumlah yang tidak terbatas untuk tulisan yang kalian cek.

#8. PlagScan
Dengan menggunakan aplikasi dari plagscan ini kalian bisa mendeteksi plagiat pada tulisan kalian dengan cara copy paste tulisan tersebut di kolom yang sudah disediakan. Kalian juga bisa melakukannya dengan cara upload file yang akan kalian pindai dalam format ms word atau pdf. Kalian akan mendapatkan laporan berupa berapa persen kemiripan tulisan kalian dengan tulisan lain yang ada di internet. Kalian bisa mencoba aplikasi ini secara gratis juga lo.

#9. Dustball
Situs berikutnya adalah Dustball, dengan menggunakan situs dustball ini kalian bisa mendeteksi tulisan kalian apakah memiliki kemiripan dengan tulisan lain di intenret atau tidak. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa menghindari tindakan plagiasi, apabila terdapat kemiripan dengan tulisan lain sebaiknya ganti tulisan tersebut. Kalian juga bisa menggunakan fasilitas dari situs ini secara gratis.

#10. PlagiarismChecker.com
Situs yang menyediakan layanan cek plagiat terakhir adalah PlagiarismChechker. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa mendetekasi tulisan-tulisan kalian apakah terdapat plagiat dalam tulisan tersebut atau tidak. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan gratis. Situs ini akan mencari tulisan yang serupa dengan tulisan kalian yang ada di Google dan Yahoo.

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *