Sinopsis Novel “Ceros Dan Batozar” Karya Tere Liye

Judul: CEROS DAN BATOZAR
Penulis: Tere Liye
Katagori: Novel
Penerbit: PT Gramedia Pustaka utamma
Tahun terbit: 2018
Tempat terbit: Jakarta
Tebal buku: 376 hlm ;20cm
ISBN: 9786020385914

Buku novel Ceros dan Batozar merupakkan buku spin-off sebelum memasuki konflik utama. Buku ini masih menceritakan kisah tentang petualangan tiga sahabat. Raib dapat menghilang (dari klan bulan), Seli dapat mengeluarkan petir (dari klan matahari), Ali dapat berubah menjadi beruang (dari klan bumi/klan aldebaran). Kisah tentang persahabatan Yang mengharukan, pengorbanan yang tulus, keberanian dan perbuatan baik. Karena sejatinya, itulah kekuatan terbesar di dunia paralel.

*CEROS*

“ ‘sensorku menemukan pintu kamuflase di sisi selatan. Delapan puluh kilometer dari sini. Ada lorong menuju persis ke jantung bangunan itu di bawah tanah.’ ” –hal 26.

Awalnya mereka hanya mengikuti karyawisata di salah satu situs bangunan kuno. Hingga Ali dengan kegeniusan dan rasa penasarannya, Karena sensor miliknya menunjukan skala 10. ILY versi 5 mendekteksi bahwa ada situs kuno yang sama di bawah tanah. ILY menemukan pintu masuk dengan lorong kuno. Ali langsung memeriksanya, mengambil alih kemudi dan mematikan mode suara ILY karena ILY dianggap cerewat dan terlalu mengkhawatirkan bahaya yang akan menimpa.

Pintu menuju bangunan di bawah tanah itu ada di lautan. ILY menyelam tanpa hambatan hingga cahaya matahari tak kuasa menembus kedalaman laut. Mereka menemukan dinding tinggi dengan gerbang besar di tengahnya Serta di samping kiri dan kanannya terdapat patung seperti manusia dengan kepala badak memegang tongkat perak. ILY meluncur turun menembus atap sebuah ruang raksasa berbentuk kubus bernama Bor-O-Bdur dengan siklus 1 jam siang dan 1 jam malam.

Sebelum Ali memeriksa sensor miliknya itu, pukulan tak terduga datang. Mereka bertarung meski tetap berlindung di dalam kapsul hingga akhirnya mereka keluar untuk bertarung karena dua monster berkepala badak itu terus mengamuk dan menghajar mereka. Badak yang menyerang mereka adalah ceros yang hanya menyerang ketika malam tiba, dan ketika siang berubah menjadi si kembar Ngglanggeran dan Ngglanggeram yang berasal dari klan Aldebaran. Si kembar seperti itu Sejak alat pengendaliannya di curi oleh si Tanpa mahkota 2000 tahun lalu dan alat itu adalah sarung tangan Bumi yang di pakai Ali. Mereka tibggal di sama berhari-hari. Kesetiaan mereka teruji, Ali rela memberikan sarung tangan bumi kepada si kembar agar mereka dapat mengeluarkan Raib dan Seli. Raib dan seli tentu saja menolak keputusan Ali. Melihat persahabatan yang tulus si kembar mengembalikan sarung tangan itu kepada Ali dan membebaskan mereka.

*BATOZAR*

‘ “serangan paling mematikaan tidak memerlukan kekuatan, apalagi suara menggelegar. serangan paling mematikan justru berasal dari sentuhan lembut” ‘ –hal 269.

Vidio UFO terbang di atas situs kuno terkenal menjadi viral. Raib pikir pesawat UFO itu adalah ILY (kapsul terbang milik Ali). Namun miss selena menjelaskan bahwa kapsul itu adalah prototipe klan Bulan yang di curi oleh Batozar (kriminal paling berbahaya di klan) yang berhasil lolos dari penjara klan Bulan.

Miss selena memperingatkan Raib, seli, dan Ali Untuk tidak ikut campur dalam masalah ini. Tetapi masalah justru menghampiri mereka. Tanpa sengaja mereka bertemu dengan Batozar di salah satu rumah makan.

Mereka mengikutinya hingga Batozar hilang begitu saja dan Ali sempat berbincang dengannya. Hari berikutnya Ali menyusun rencana dan menempelkan alat pelacak sehingga keberadaan Batozar serta prototipe di ketahui dan miss selena serta beberapa pasukan bayangan klan bulan berusaha menangkap Batozar. Namun, Batozar berhasil lolos dan membawa Raib, seli, dan Ali menuju kutub utara lewat cermin. Batozar memohon kepada putri bulan (Raib) untuk menggunakan teknik bicara pada alam dan memutar kejadian 100 tahun lalu karena Batozar ingin melihat wajah istri dan anaknya.

Di tengah rasa putus asa karena Raib tak kunjung berhasil, Batozar mengalah. Tapi Raib bertakad tidak akan pulang sebelum berhasil melakukan teknik tersebut. Karena rasa bersalah atas paksaan yang dilakukan, Batozar menyalakan kembali alat pelacak.

Keberadaan mereka langsung di ketahui dan klan Bulan mengirim miss selena, palima Tog dan pasukan tempur untuk menangkap Batozar. Di tengah pertempuran antar Batozar melawan pasukan tempur, Raib berhasil malakukaan teknik bicara pada alam dan memutar kejadian 100 tahun lalu. Untuk yang terakhir kalinya Batozar melihat wajah istri dan anaknya. Batozar lalu hilang setelah puluhan senjata menghantam dirinya dan semua menganggapnyaa telah tewas.

Namun Ali menemukan cermin kecil di tempat Batozar terakhir kali.

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *