Cara Membuat Surat Patuh Etik Keperawatan (PPNI) Untuk Lulusan Baru

Pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) oleh seorang lulusan baru perawat diwajibkan untuk melampirkan berkas berbagai macam berkas salah satunya adalah Surat Pernyataan Patuh Kode Etik Keperawatan Indonesia. Mulai januari 2019, terjadi perubahan system proses pembuatan Surat Tanda Registrasi perawat secara online. STR online versi 2.0 untuk pengajuan STR baru ada keterlibatan organisasi profesi dalam persyaratan berkasnya, yaitu surat patuh profesi.

Untuk mendapatkan surat pernyataan tersebut perawat diwajibkan terlebih dahulu menjadi Anggota Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) dibuktikan dengan adanya Nomor Induk Registrasi Anggota (NIRA).

Berikut cara mendapatkan surat pernyataan patuh etik keperawatan indonesia yang dapat di download dari website PPNI.

  1. Buka website PPNI https://ppni-inna.org
  2. Login: username (menggunakan NIRA aktif) dan password (sesuai password yang anda masukan dalam proses pendaftaran NIRA). Jika lupa NIRA dan Password dapat menghubungi Ketua atau sekretaris Dewan Pengurus Komisariat (DPK) atau Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI.
  3. Jika sudah berhasil login, perhatikan “Komisi Etik”.
  4. Silahkan masuk pada munu tersebut dan tersedia tombol aksi “download”. Silahkan download
  5. Format file yang di download adalah PDF. Anda selanjutnya hanya perlu menyiapkan materai 6000.

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *