Cara Mengirim opini ke tirto.id

Kali ini kita akan membahas cara mengirim opini ke laman tirto.id

Tirto.id adalah sebuah situs berita, artikel, opini, dan infografik di Indonesia. Pertama kali tayang pada Februari 2016 dan diresmikan pada 3 Agustus 2016. Nama Tirto diambil dari pahlawan nasional bapak pers Tirto Adhi Soerjo yang pada masanya mendirikan surat kabar Soenda BeritaMedan Prijaji, dan Poetri Hindia juga pembentukan Sarekat Dagang Islam (SDI).

Tirto.id adalah media online terkini. Menyajikan tulisan dan infografik berita nasional dan internasional serta analisis berdasarkan fakta dan data.

Apa saja syarat tulisan yang layak dimuat oleh rubrik opini Tirto? 

Editor menerima esai yang ditulis dengan sudut pandang dan argumen yang jelas dan ringkas. Jargon-jargon yang tidak familiar wajib dijelaskan di dalam badan tulisan.  Editor tidak menerima tulisan dengan paparan bertele-tele, obskurantis, dan mengaburkan pokok bahasan.

Kolom opini belum diterbitkan di media lain dan tidak plagiat. Kolom opini Tirto terbuka untuk tulisan dari pelbagai macam kajian dan disiplin ilmu. Respons atas topik terkini dan isu-isu jangka panjang yang krusial bagi diskursus publik akan diprioritaskan.

Pencantuman referensi?

Pencantuman rujukan tidak menggunakan catatan kaki atau catatan akhir. Judul buku/tulisan beserta tahun terbit dan nama penulis dimuat langsung di badan tulisan. Judul buku ditulis dengan cetak miring, sementara judul esai lepas, tulisan jurnal, atau bab dalam buku yang dirujuk ditulis dengan tanda kutip (“…”).

Tautan elektronik (URL) langsung ditulis di badan teks dalam tanda kurung dan tidak dicantumkan sebagai hyperlink. Contoh: “… seperti yang dikemukakan dalam artikel Tirto, “Harga Apartemen Terjangkau Makin Bergeser ke Pinggir Jakarta…” (https://tirto.id/harga-apartemen-terjangkau-makin-bergeser-ke-pinggir-jakarta-cCD4). Bukan: “… seperti yang dikemukakan dalam artikel Tirto, “Harga Apartemen Terjangkau Makin Bergeser ke Pinggir Jakarta…”

Ke mana saya harus mengirimkan opini?

Kirimkan tulisan email ke opini@tirto.id, disertai lampiran berkas tulisan, foto, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor rekening beserta alamat cabang bank. Format subjek email: [OPINI] – judul tulisan – nama penulis.

Berapa panjang artikel opini Tirto?

Tirto menerima esai opini sepanjang minimal 800 dan maksimal 1.500 kata.

Berapa lama saya harus menunggu jawaban editor?

Maksimal 7 hari setelah dikirim. Tulisan Anda tidak kami terbitkan jika editor tidak merespons dalam waktu 7 hari.

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *