Citasi Lebih Mudah Dengan Mendeley

Sitasi adalah kutipan dari daftar pustaka dari sejumlah yang termuat dalam bibliografi dokumen yang mengutip, yang secara khusus  mengkaji  pengarang dan karya-karya lain. Bisa juga di definisikan untuk  menunjukkan asal-usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan atau menyalin/mengulang pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap mengindikasikan bahwa kutipan tersebut itu adalah pernyataan orang lain.

Saat ini, apalagi dalam kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa pensitasian sangat diperlukan dalam membuat daftar pustaka. Keperluan publikasi di jurnal atau international mempunyai aturan-aturan masing-masing dalam penulisan daftar pustaka. Munculnya reference manager sebagai suatu inovasi dalam pencitasian yang dapat memudahkan pencitasian sesuai dengan aturan yang dibuat oleh editor jurnal. Salah satu reference manager yang banyak dikenal yaitu “Mendeley”.

Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.

Pengguna dapat menggunakan Mendeley sebagai sebuah aplikasi desktop yang terinstal secara offline di komputer. Aplikasi tersebut, sering disebut sebagai Mendeley Desktop. Selain itu, pengelolaan menggunakan Mendeley juga dapat dilakukan secara online(Mendeley Web), setelah terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun.

Mendeley juga adalah sebuah academic social network, dengan demikian pengguna bisa saling berbagi dengan rekan sesama mahasiswa atau peneliti lainnya di penjuru dunia terkait dengan referensi yang digunakan. Pengguna juga dapat mencari berbagai penelitian terbaru untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah. Bahkan, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas Web Importer di dalam Mendeley, agar dapat mengimpor berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah terkemuka (misalnya Google Scholar) secara otomatis.

Mendeley dapat berfungsi sebagai :

  • Sebagai library disertai dengan kemampuan yang digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.
  • Mampu mengolah database ilmiah berupa e-journal,e-Book dan referensi lainnya.
  • Untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial .
  • Dapat digunakan juga untuk menyimpan file pustaka yang diunduh dalam format PDF dan memberikan anotasi (catatan, atau tanda khusus tertentu) terhadap file PDF tersebut.
  • Karya ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis disusun baik menurut penulis, judul, tahun dan penerbit.

Ns. M. Agung Akbar

Ners Generalis lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis aktif dalam beberapa penulisan artikel kesehatan di media cetak maupun online, penelitian ilmiah, dan buku. Saat ini penulis melanjutkan studinya di Magister Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *