Turnitin Untuk Mengecek Orisinalitas Tulisan

Seiring dengan berkembangnya zaman dan masifnya inovasi teknologi membuat kemudahan dalam melakukan segala hal. Dunia akademis tentu saja salah satu domain yang menjadi sorotan dalam menyerap masuknya teknologi dengan baik. Seorang akademisi memiliki kewajiban dalam membuat suatu laporan, karya ilmiah, ataupun yang lainnya dalam meningkatkan peran sertanya untuk imu pengetahuan.

Banyaknya kumpulan-kumpulan ilmu yang sama diiringi dengan penyebaran informasi yang cepat dan mudah didapatkan. Maka muncul lah suatu teknologi dalam bidang penulisan yang bernama Turnitin. Aplikasi turnitin ini dibuat untuk meyakinkan penulis terhadap orisinalitas tulisan yang dia buat atas dasar hasil karya nya. Maka turnitin membantu memeriksa tulisan tersebut apakah ada indikasi plagiarismnya.

Turnitin.com adalah sebuah website yang dapat digunakan oleh guru atau dosen sebagai pendidik untuk mengecek tingkat plagiasi yang terdapat di dalam karya mahasiswa. Situs ini sudah dipakai di berbagai belahan dunia untuk menjaga integritas dan kejujuran para mahasiswanya. Selain itu, situs ini juga dapat dipakai untuk melakukan peer-checking terhadap pekerjaan sesama mahasiswa. Caranya adalah mahasiswa mengunggah (upload) file pekerjaannya ke dalam situs tersebut sesuai dengan nama kelas dan jenis tugasnya setelah diberi kode kelas dan password kelas yang sudah dibuat oleh guru/dosen kemudian guru atau dosen akan mengecek orisinalitas dan kualitas pekerjaan tersebut.

Tentu saja, turnitin ini adalah sebuah website berbayar dengan kualitas premium, sehingga diperlukan registrasi dan pembayaran terlebih dahulu untuk mendapatkan akunnya. Namun, mesin pengecek plagiarm yang gratis sudah banyak beredar di internet. Silahkan cari dengan kata kunci “free”. Karena sifatnya yang gratis, web plagiarm checker tidak sedetail turnitin dalam memeriksa tulisan kita.

Mau tahu bagaimana cara untuk mengecek plagiarism melalui turnitin? tunggu postingan selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *